Catatan dan Goresan Masrizal

Catatan dan Goresan Masrizal

Jumat, 27 Maret 2020

Mari Kita Bersama Sebagai Anak Bangsa menghadapi Pandemi COVID 19 di Indonesia














Mari Kita Bersama Sebagai Anak Bangsa menghadapi Pandemi COVID 19 di Indonesia 🇮🇩🇮🇩🇮🇩
https://www.worldometers.info/coronavirus/country/indonesia
https://www.covid19.go.id
Melihat Eskalasi Kasus Pandemi yang semakin mengganas dan sudah Melanda Seluruh Dunia Terutama Sekarang di( Eropa dan Amerika Utara/USA* yang sedang menuju Puncaknya dari jumlah kasus Positif yang tertular dengan virus Covid 19 ini.
Demikian juga dibeberapa Negara ASEAN lainnya seperti Malaysia dan Filipina dan tentu Negara Kita Sendiri *Indonesia* Juga sedang menunjukkan Grafik menuju Puncak Kurva
Bahkan sudah ada 8 Orang Dokter/Paramedis yang menjadi Pahlawan Kemanusiaan untuk Menyelamatkan Para Korban sehingga mereka harus meninggal dunia dalam menghadapi Musibah ini dan jumlah ini bisa saja terus bertambah.
Untuk itu seperti yang kita ketahui Bersama mari kita yakinkan Keluarga Kita - Tetangga Kita - Sahabat Kita dan Seluruh Anak Bangsa ini untuk Mematuhi dan Mengikuti Semua Himbauan Dari Pemerintah dan Pemimpin Umat Beragama Seperti MUI - PGI = PHDI dll termasuk beberapa Tokoh Ulama lainnya yang menghimbau terutama untuk secara Bersama menghadapi Musibah yang sedang melanda Dunia dan Indonesia ini terutama untuk:
1. Berusaha sebisa mungkin untuk Melakukan *Physical Distancing* atau Menjaga Jarak dengan menghindari Kerumunan dan Pengumpulan Massa baik dalam kegiatan Social Kemasyarakatan - Keagamaan dan Olah Raga dan kalau harus beraktifitas di diluar rumah usahakan selalu menjaga jarak minimal 1 Meter terutama dalam antrian atau angkutan umum
2. Usahakan Selalu Menjaga Kesehatan dan Menjaga Asupan Makanan Bergizi dan Berolahraga agar senantiasa bisa menjaga kesehatan dan daya tubuh. Virus ini belum ada obatnya. Kalaupun ada Obatnya adalah untuk Mengobati simptom atau akibat dari serangan virus ini. Obat Terbaik adalah *Antibody* tubuh kita sendiri.
3. Usahakan untuk meminimalkan Interaksi antara Orang yang sudah lanjut Usia dan Anak-Anak dan Balita karena Kelompok ini sangat rentan terhadap kematian terutama Kelompok Usia lanjut
4. Jika memang Pernah Kontak dengan Pasien yang positif Virus Covid 19 atau Lokasi Kejadian Penularan Covid 19 yang telah disampaikan oleh Pemerintah untuk secara Aktif untuk melaporkan kepada Petugas untuk dilakukkan Pemeriksaan dan Isolasi bila diperlukan demikian yang telah melakukan perjalanan dari Negara atau daerah yang sudah terjangkit Wabah Covid 19
5. Mari sama-sama Menghindari Penyebaran dan Distribusi *HOAX* tentang Covid 19 atau Informasi yang belum tervalidasi kebenarannya terutama yang sifatnya bisa menimbulkan *Kepanikan - Ketakutan atau Kebencian*
6. Mari Kita Bersama-Sama bersikap Positif dan Tetap Semangat serta Jaga Persatuan dan Kalau memang harus ada yang dikritisi dengan langkah yang diambil pemerintah atau Gugus Tugas Covid 19 mohon disampaikan secara Baik dan Solusi atau langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Kritik dan masukan ini bisa melalui Kanal-kanal yang sudah disediakan oleh Gugus Tugas Covid 19 termasuk Medsos Para Pejabatnya - Gubernur dan Walikota/Bupati.
7. Mari kita bersama-sama untuk membantu Pemerintah atau Gugus Tugas Covid 19 dimasing-masing daerah untuk memastikan bahwa seluruh Dokter dan Para Medis serta Petugas Pendukung lainnya termasu Driver AMBULANCE sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang sudah sesuai standard dan jumlah yang cukup. Karena mereka ini adalah Pasukan Garda Terdepan dalam “Pertempuran” melawan Pandemi Covid 19 di Indonesia.
8, Kita meminita kepada Pemda untuk Memastikan bahwa kebutuhan Pokok warga Aman untuk minimal 3 Bulan ke Depan serta kebutuhan Pokok lainnya sehingga masyarakat tidak panik nanti kalau memang harus atau terpaksa dilakukan Isolasi Wilayah tersebut.
9. Kita meminta atau menghimbau kepada Pemda atau Lembaga Terkait yang melakukan Operasi Pasar terutama untuk Sembako usahakan dilakukan dengan Mekanisme yang menghindari terjadinya *crowd* atau kerumunan massa yang tidak terkendali. Mungkin bisa menggunakan Apps untuk pemesanan dan pengiriman dilakukan dengan Ojol atau Kurir.
10. Demikian juga Halnya untuk Distribusi Alkes/APD untuk Kebutuhan secara Nasional sebaiknya Gunakan Sistem IT yang sudah terintegrasi seperti Sistem Distribusi yang sudah dimiliki oleh Beberapa BUMN seperti PT Kimia Farma Tbk atau PT. Pos Indonesia sehingga bisa diketahui Stoknya secara Online disetiap Gudang atau Warehousenya. Atau bisa juga bekerjasama dengan Jaringan Perusahaan yang sudah Sistem Informasi yang Mumpuni dan Sudah Punya Jaringan di Seluruh Provinsi Indonesia. Sehingga kita mendengar lagi ada Tenaga Medis yang bekerja tidak mempunya *APD (Alat Pelindung Diri)* yang sesuai Standard.
11. Mari kita sama-sama membuang jauh-jauh Ego Kelompok dan Golongan serta termasuk Pilihan Politik masing-masing untuk bersama-sama kita bersatu padu sebagai anak bangsa Indonesia bergandengan tangan dan bergotong royong untuk menghadapi Pandemi ini. Karena Persatuan dan Semangat Gotong Royong adalah Jati Diri Bangsa Indonesia.
12, Sekali lagi Mari kita bersama selalu mengingatkan seluruh keluarga - teman - saudara - komunitas dan rekan kerja atau siapapun di tempat kita masing untuk selalu mematuhi Himbauan Pemerintah untuk Tinggal di Rumah dan kalau memang terpaksa harus keluar Hindari Kerumunan Orang - Selalu Jaga Jarak - serta Pastikan kita semua menjaga Kebersihan Diri terutama selalu cuci tangan dengan sabun Diri dan Menjaga kebersihan Lingkungan. Terakhir yang lebih penting lagi adalah JANGAN Panik dan mari tetap selalu waspada.
Demikian himbauan ini kami sampaikan kepada teman-teman dan sahabat serta Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Semua, Semoga Kita semua Senantiasa Sehat dan Tetap Semangat
*#BersatuLawanCovid19 #BersamaMelawanCovid19 #BersamaKitaBisa*
Salam Hormat
Wassalamuailakum Wr Wb
MU



Tidak ada komentar: